Sabtu, 16 Februari 2013

Photoshop Tutorial Membuat Efek Digital Art

amikom.ac.id ~ Photoshop digital art adalah salah satu seni visual yang cukup menarik untuk kita pelajari. Selain menuntut kemampuan penggunaan Photoshop yang baik, Seni Digital Art juga membutuhkan penguasaan tentang bagaimana mengatur komposisi Komposisi gambar menjadi Sepadan/pas akhirnya membuat sebuah gambar seni hebat. Tutorial kali ini akan menjelaskan proses pembuatan nya, Berseni abstrak dengan langkah yang semoga sederhana. Sehingga, pengguna pemula Photoshop pun diharapkan juga bisa mengerti dan mengaplikasikan Teknik di tutorial ini kedalam karyanya. Yuk kita coba , Cekidot !

Bahan Bahan Digital art :


Hasil Akhir Digital Art :




STEP 1
Buat Lembar baru dengan NEW : saya menggunakan 4500 * 6000 pixel agar hasil yang di dapat terlihat baik, Ubah warna( FOREGROUND = white #fffff ,BACKGROUND = Abuabu muda #bfbfbf ) lalu berikan warna gradasi (G) pada layer "background". Terlebih dahulu, atur warna gradasi di gradient editor seperti gambar dibawah.



STEP 2
OPEN Foto Gadis yang sudah anda download tadi. Gunakan Pen tool (P) dan buat bentuk sesuai dengan bentuk gambar untuk melakukan cropping. Jika sudah (masih dengan Pen tool dalam kondisi aktif), klik kanan dan pilih Make Selection. Maka sekarang area yang telah dibuat dengan Pen tool akan terseleksi. jika ingin lebih cepat gunakan Magnetic lasso tool .


STEP 3
Pada layer Foto gadis tadi, klik ikon Add Layer Mask. di bawah . Secara otomatis gambar akan dicrop sesuai dengan seleksi yang telah kita buat tadi.


STEP 4
Open foto render pack yang telah didownload melalui link diatas.(RW.png) lalu rotate horizontal ,dan drag ke lembar kerja utama. Posisikan render pack tersebut seperti gambar dibawah ini.



STEP 5
Gunakan Pen tool (P) kembali untuk menghapus bagian gambar render yang menutup mata. Jadi, kita akan membuat seolah-olah gambar render ini menjadi topeng dan menyatu dengan gambar si gadis.setelah tertutup dengan Pen tool (P) klik kanan make selektion lalu tekan del.


Seleksi juga bagian bawah render untuk dihilangkan bisa dengan  pen tool atau lasso tool. lalu di delete saja .

Anda juga bisa melakukan dengan cara setelah diseleksi pencet INVERSE atau Shift+ctrl+i  lalu sobat tekan klik add layer mask  seperti yang diatas.


STEP 6
Buka layer dan klik pada layer gambar render. Kemudian tekan dan tahan tombol Alt di keyboard sambil klik ikon Add new fill or adjustment layer dan pilih Hue/Saturation. dan centang cecklist "Use previous layer . . ." >>Langkah ini akan membuat perubahan pada Hue/Saturation hanya akan berdampak kepada layer terpilih (dalam hal ini layer gambar render). Atur nilai Hue/Saturation seperti pada gambar dibawah ini.


STEP 7
Masukkan gambar bokeh yang bisa didownload di link diatas. Posisikan seperti pada gambar dibawah ini.


STEP 8
Ubah blending mode untuk layer bokeh menjadi Screen dan lihat perubahannya


STEP 9
Buat layer baru diatas layer bokeh ,buat sebuah bentuk seperti garis menggunakan Rectangle tool dan isi dengan warna putih. Lalu tekan tombol Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi.


STEP 10
Pilih Filter > Blur > Gaussian Blur. Isikan nilai 3 - 20 pada kolom radius.


STEP 11
Posisikan garis seperti pada gambar dibawah ini, lalu buat duplikatnya dengan menekan tombol Ctrl + J di keyboard. Jika sudah, seleksi kedua layer tersebut lalu tekan tombol Ctrl + E di keyboard untuk menggabungkannya. kalian boleh Filter > Blur > Gaussian Blur lagi pada layer gabungan ini.


STEP 12
Klik ganda layer hasil penggabungan pada step sebelumnya, maka akan keluar jendela layer style seperti pada gambar dibawah ini. Klik dan conteng pada bagian Outer Glow, dan atur nilainya sebagai berikut.


STEP 13
Sekarang kamu bisa berimprovisasi dengan menghapus sedikit bagian ujung dari garis untuk memberikan kesan 'motion', bisa menggunakan Eraser tool (E),maupun menggunakan fungsi layer mask pada layer palette. lalu duplicate layer itu dan tarik ke beberapa bagian di seluruh bagian gambar.kemudian bermainlah dengan variasi bentuk dan posisi




STEP 14
Buat layer baru dibawah layer gambar si gadis. Layer ini kita tujukan sebagai bayangan. Gunakan Ellipse Tool dan isi dengan warna hitam. Jika sudah, pilih Filter > Blur > Gaussian Blur dan beri angka 9-15 pada kolom radius.

STEP 15
Ubah blending mode dari layer bayangan (shadow) menjadi multiply, lalu turunkan opacitynya menjadi 13 %.


STEP 16
Bayangannya menurut saya terlalu besar. Tidak masalah! Kita bisa memperkecilnya dengan menggunakan Transform tool (Ctrl + T).


STEP 18
Klik pada layer paling atas, kemudian klik ikon Create new fill or adjustment layer (kali ini tanpa menekan tombol Alt), lalu pilih exposure. Saya berniat untuk memberikan sedikit ketajaman pada gambar. Atur nilai pada exposure seperti gambar dibawah.



STEP 18
Klik pada layer si gadis (Flying girl), Klik pada ikon Create new fill or adjustment layer sambil tekan dan tahan tombol Alt di keyboard, lalu pilih Color Balance. jangan lupa centang di checklist nya. Atur nilai Midtones, Shadows, dan Highlights pada color balance agar cenderung kepada warna kuning/yellow (lihat gambar).


FINISH SELAMAT MENCOBA :D
GAMBATTE !













2 komentar:

edukasi- andi mengatakan...

sangat informativ..

backlink ea,,,
edukasi-andi.blogspot.com

Hizba Thariq Hanifan mengatakan...

sip gan :D

Search

Memuat...

About Me

Foto Saya
Hizba Thariq Hanifan
Lihat profil lengkapku

Facebook



Followers

Search Engine MarketingSubmit Express